Rabu, 09 Mei 2012

PENERIMAAN INFORMASI


berikut ini adalah unsur-unsur dalam penerimaan informasi...


Seleksi
•          Tidak semua orang, objek dan sistuasi yang merupakan sumber pesan akan kita perhatikan dan menarik bagi kita.
•          Kita akan melakukan seleksi pesan sesuai denga kebutuhan, keinnginan dan harapan pada saat tersebut.
Interpretasi
•          Interpretasi terjadi ketika kita memaknai tanda/pesan.
•          Interpretasi pesan kita dipengaruhi antara lain: budaya, cara pandang, pengetahuan, dll.
Interpretasi
•          Interpretasi terjadi ketika kita memaknai tanda/pesan.
•          Interpretasi pesan kita dipengaruhi antara lain: budaya, cara pandang, pengetahuan, dll.
Retensi – Memori
•          Tidak semua pesan yang pernah kita terima dapat kita ingat atau tersimpan dalam ingatan kita.
•          Ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.
•          Ingatan berkaitan dengan arti kata dan waktu kejadian.


Pengaruh Penerima (Receiver)
  1.      Kebutuhan penerima, misal Seseorang dalam kondisi haus cepat menerima pesan-pesan berkaitan      dengan minuman.
  1.       Perilaku, keyakinan dan nilai-nilai, misal Sesesorang yang religius lebih cepat menangkap pesan-pesan berkaitan dengan agara dan Tuhan.
  1.       Tujuan, misal Seseorang yang ke terminal Pulo Gadung dengan tujuan mencari kios untuk berdagang, tidak akan tertarik dengan kesibukan penumpang yang naik turun bis.
  1.       Kapabilitas mengolah pesan. Berkaitan dengan kecerdasan.
               5.       Penggunaan, berkaitan dengan kebiasaan penggunaan kata-kata tertentu di lingkungan orang ybs.

4.            6.   Gaya Komunikasi, berkaitan dengan kebiasaan, pilihan kata, jumlah kata-kata yang diolah oleh penerima.

5.             7.      Pengalaman dan kebiasaan, seperti membaca surat kabar, menonton televisi, chatting, dll.

       Pengaruh Pesan (informasi)
1.Kejelasan konsep (origin)
   Harus jelas pesan apa. Misal: kemarahan, kesibukan, larangan, dll.
2.Bentuk
    Bentuk pesan dapat berupa gambar, tulisan, suara, getaran, bau-bauan (penciuman).bentuk yang tepat
    mempengaruhi efektivitas pesan. Misal: untuk mengungkapkan “kasih sayang ibu” dalam sebuah film maka harus
    dipikirkan: ekspresi pemain peran ibu, pakaian ibu, setting lokasi, audio, cara kamera mengambil gambar, dll

3.Karakter Fisik
   •Setiap jenis pesan memiliki karakter.
   •Pesan-pesan yang memiliki kesesuaian karakter akan berpengaruh lebih besar. Misal:
  >Lampu karakternya “terang”
  >Warna karakternya “menyolok”
  >Suara karakternya “keras/volume tinggi”.
  >Hembusan karakternya “kencang”.

4.Terpadu
       •Pesan harus diorganisasikan (disusun) dengan baik. Misal:
       •Tidak bisa semua jenis komunikasi dilakukan dengan intensitas yang sama.

5.Baru
   •Informasi yang baru, tidak pasaran akan lebih “eye catching”. Misal:
   •Di jalan raya, mobil berwarna “pink” atau kuning akan lebih terlihat dibanding warna silver atau hitam.



Pengaruh Sumber (Source)
1.Jarak
2.Daya tarik fisik, sikap tubuh dan “kesetaraan”
3.Kredibilitas dan Otoritas
4.Motivasi dan Kesungguhan. Akan mempengaruhi cara penyampaian pesan.


Pengaruh Tehnologi dan Lingkungan
 Cara penyampaian sebuah pesan berpengaruh terhadap isi pesan. Misal:
    Menyatakan cinta pada wanita yang ditaksir dengan cara berbicara langsung dan melalui sms akan berdampak
      berbeda.
    Menyatakan cinta di tengah pasar tradisional pada pagi hari berbeda dengan di pinggir pantai menjelang matahari
       terbenam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar